Tips dan Cara Mengatur Kamera Digital SLR Canon - Untuk pemula, sebelum anda memotret anda mungkin belum tau bagaimana cara mengatur kamera yang anda beli supaya hasil potretan lebih bagus dan memuaskan. Berikut ini Kamera Spek akan membagikan Tips dan Cara Mengatur Kamera Digital SLR Canon
Tips dan Cara Mengatur Kamera Digital SLR Canon
1. Gunakan Selalu Format RAW
Karena gambar yang di hasilkan oleh format RAW menampilkan rentang totol warna paling lengkap, fleksibilitas pada saat pengeditan. Ukuran yang di hasilkan oleh format RAW lebih besar , tetapi kualitas foto yang di hasilkan dapat memuaskan. Apalagi anda juga bisa mengoptimalkan hasil foto anda dengan mengtur kontras, saturasi, ketajaman, dan eksposure selum anda mengconvert untuk menyimpan ke dalam bentuk JPEG atau TIFF.

2. Jika Menggunakan JPEG
Jika anda menggunakan format JPEG pastikan anda memilih format JPEG kualitas 'LARGE' pada menu quality. Format JPEG sering di pakai katika mengambil foto dengan mode continous karena anda bisa mengambil lebih banyak foto.

3. Live View
Live View merupakan tempat anda melihat pada yang oleh kamera. Secara default fitur ini di matikan dan anda bisa menghidupkan fitur ini di bagian Live View Function Setting. Live View berguna pada saat anda melakukan pengambilan foto, khususnya pada saat anda menggunakan tripod. untuk menyalakan dan mematiakan Live View mengunakan tombol set.

4. Cobalah sRAW
Fitur ini biasanya digunakan pada saat anda ingin cepat-cepat memilih foto di komputer atau anda ingin segera mengirimkan foto lewat email. sRAW adalah fitur untuk menyimpan dalam dua format sekaligus yaitu RAW dan JPEG. Kualitar yang di hasilkan oleh sRAW hampir sama dengan kualitas yang di hasilkan RAW, tetapi resolusi dan kualitas tidak sama.

5. Selalu Perbarui Firmwere
Agar kemera anda selalu berada pada ferforma terbaik, anda harus selalu memeriksa firmwere terakhir yang tersedia. Lihat dulu versi yang sekarang digunakan pada kamera anda. Kemudian periksa versi terakhir di situs www.canon.com/eos-d, lalu perbarui versinya dan firmwere diinstal ke kamera lewat kartu memori.

6. Mengatur Diopter
Bagi anda yang berkacamata terkadang membidik objek foto tidak fokus. Diopter sangat berguna untuk mengontrol titik optik di dalamnya. Putar sambil membidik dan berhenti memutar gambar saat terlihat jelas. Diopter merupakan tombol puter kecil di pojok kanan atas viewfinder. Pada kamera slr canon umunya terdapat diopeter yang fungsinya agar bidikan menjadi lebih jelas yang dapat diatur sesuai dengan mata anda.

7. Nyalakan LCD pada Tempat Gelap
Ketika anda mengambil foto pada tempat gelap. Nyalakan LCD jika anda kesulitan melihat settingan bodi kemera. Setting akan di tampilkan di LCD kamera anda setelah tombol Disp atau Info di tekan, sesuai dengan junis kamera Canon EOS yang anda gunakan.

8. Ambil Foto Lebih Banyak
Jika pada saat anda mengambil foto dan ruang kartu memori anda akan segera habis habis, gunakan format JPEG dengan kualitas large paling tinggi untuk menghemat ruang kartu memori anda.

9. Matikan Suara
kalau anda terganggu dengan suara notifikasi auto fokus, anda dapat mematikan atau memilih bunyi beeb pada menu diatur menyala.

10. Kembali ke Pengaturan Default
Jika anda ingin kembali lagi ke pengaturan awal / default. Gunakan clear all camera setting. Kamera anda akan kembali lagi ke pengaturan awal seperti kamera baru saat anda baru saja membelinya.

11. Simpan Foto Dengan Baik
Matiakan fitur shoot W/O card. Fitur ini hanya di nyalakan pada saat uji coba di toko, karena fitur ini dapat mengambil foto walaupun tanpa kartu memori.
Dan pastikan selalu anda menggunakan kartu memori yang bagus.

12. Kegunaan LCD Atas
kamera slr canon yang semi pro dan professional, ada LCD untuk mengatur exposure yang berada dibagian atas body kamera. LCD ini bisa dkatakan sebagai shortcut dari pengaturan di live view. Anda mengatur expsore yang setting dari LCD ini seperti shutter speed, ISO, dan aperture. Apabila ditempat gelap anda bisa menyalakan lamu untuk menerangi LCD dengan menekan tombol di sebelah kiri atas layar.

13. Penggunaan Adobe RGB
Pilih calor space pada menu karena fitur Adobe RGB tersembunyi di dalam menu. Setelah anda menemukanya pilihlah standarnya yaitu aRGB. Jika anda ingin merekam dengan banyak warna gunakanlah Adobe RGB, kerana Adobe RGB dapat memberikan hasil cetak yang baik.

14. Memformat Foto
Setiap kali anda ingin mengambil foto, kosongkan dulu kartu memory dengan memformatnya bukan dengan menghapus semua foto. Ada pilihan untuk memformat langsung di kamera yaitu di menu set up. Dengan memformat memory, anda mematikan data mengenai kamera tercatat memori sehingga mengurangi risiko kehilangan data.

Demikianlah infomasi Tips dan Cara Mengatur Kamera Digital SLR Canon yang dapat Kamera Spek bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermenfaat. Baca juga Kamera DSLR Canon EOS 7D Spesifikasi dan Harga
By